CARA MENYAYANGI ANAK DALAM ISLAM

Share on :
Bazzar meriwayatkan hadits dari Ibnu Umar, dari Nabi  bahwa beliau bersabda, 
"Setiap pohon itu ada buahnya. Buah hati adalah anak. Sesungguhnya Allah tidak akan menyayangi orang yang tidak sayang kepada anaknya. Demi Dzat yang jiwaku ada di tanganN ya, tidak akan masuk surga kecuali orang yang penyayang."
Kami katakan kepada beliau, 

"Ya Rasulullah, mas'mg-masing dari kami saling menyayangi.” Beliau bersabda, "Yang namanya kasih sayang itu bukan hanya bila salah seorang dari kalian menyayangi temannya, akan tetapi menyayangi sesama manusia.”

Abu Umamah berkata, "Nabi pernah melihat seorang perempuan bersama kedua putrinya yang masih kecil dengan menggendong salah satunya dan menuntun yang satunya lagi. Rasulullah kemudian bersabda, 

“Kaum ibu yang tabah dan penyayang. Bila mereka tidak durhaka kepada suami mereka, maka orang-orang yang mengerjakan shalat di antara mereka akan masuk surga.” Diriwayatkan oleh Hakim (4/ 173),
Beliau mengatakan bahwa hadits ini shahih berdasarkan syarat Bukhari dan Muslim, sekalipun keduanya tidak mengeluarkannya. Syu’bah menganggap hadits ini mu’dhaari A’masy.
Diriwayatkan pula dari Abu Umamah bahwa ada seorang wanita yang datang menghadap Nabi disertai kedua anaknya, lalu Nabi memberinya tiga buah kurma. Wanita itu kemudian memberikan kurma satu-satu kepada keduanya. Namun kemudian salah seorang dari anaknya menangis, lalu si ibu tersebut membelah kurma yang satunya lagi menjadj dua dan memberikannya kepada keduanya. Rasulullah lalu bersabda, 

"Wanita-wanita yang tabah dan penyayang kepada anak-anak mereka. Bila mereka tidak durhaka kepada para suami mereka, maka orang-orang yang shalat di antara mereka akan masuk surga.”
Diriwayatkan oleh Hakim dalam kitab Mustadrak-nya (4/ 174), namun beliau tidak mengomentariya.

Mari kita sayangi anak-anak kita dengan sebenar benar sayang, mereka tidak perlu hal-hal yang cangih, atau harta yang melimpah semua kebutuhan kesenagan mereka terpenuhi namun kita harus turut memberikan kasih sayang dengan mengantar anak-anak kita menuju syurga.

seperti memberikan tauladan yang baik, sahabat bisa membaca aritkel Pengaruh orang tua yang shalih 

POS TERBARU

loading...