CARA MENUNTUT ILMU

Share on :
Hormati Gurumu Sayangi Teman itulah tandanya kau Anak Budiman, pernahkan sahabat mendengar lirik lagu ini, ya lagu yang sering kita nyanyikan dahulu saat belajar di taman kanak-kanak.

Menuntut ilmu sebenarnya bisa kita lakukan dimana saja, di rumah, di jalan, di sekolah dan dimana saja. Namun menuntut ilmu di kalangan orang yang berpendidikan ada beberapa kiat yang bisa dilaksanakan, salasatunya saya kutip dari kitab kuning, kitab yang telah banyak menuai kebaikan dan berhasil merubah manusia dari prilaku yang buruk dan berubah menjadi baik.

Kitab ini kini mulai dilub
namun saya berharap sahabat bisa mempelajarinya kembali setelah membaca blog ini, mengingat kebaikan yang banyak diperoleh oleh kalangan santri di pondok pesantren, yang mana lulusannya memiliki Ahlak dan Ilmu yang baik

Inti tata cara menuntut ilmu dalam kitab ini adalah :

Ta’limul Muta’alim Thariqatta’allum.yang terdiri dari 13 pasal.

  1. Menerangkan hakekat ilmu, hukum mencari ilmu, dan keutamaannya.
  2. Niat dalam mencari ilmu.
  3. Cara memilih ilmu, guru, teman, dan ketekunan.
  4. Cara menghormati ilmu dan guru
  5. Kesungguhan dalam mencari ilmu, beristiqamah dan cita-cita yang luhur.
  6. Ukuran dan urutannya
  7. Tawakal
  8. Waktu belajar ilmu
  9. Saling mengasihi dan saling menasehati
  10. Mencari tambahan ilmu pengetahuan
  11. Bersikap wara’ ketika menuntut ilmu
  12. Hal-hal yang dapat menguatkan hapalan dan yang melemahkannya.
  13. Hal-hal yang mempermudah datangnya rijki, hal-hal yang dapat memperpanjang, dan mengurangi umur.
Ada satu Bab yang bisa saya ungkap dari buku ini;
  1. Cerdas, Akal dan fikiran, maka dari itu sahabat harus bisa membuat anak menjadi anak yang cerdas, penuhi segala kebutuhan jasmani dan rohaninya.
  2. Rakus akan Ilmu (Selalu berusaha untuk mendapatkan Ilmu),  “Tidak cukup teman belajar di dalam negeri atau dalam satu negeri saja, tapi pergilah belajar di luar negeri, di sana banyak teman-teman baru pengganti teman sejawat lama, jangan takut sengsara, jangan takut menderita, kenikmatan hidup dapat dirasakan sesudah menderita.”
  3. Sabar, Tabah, tahan menghadapi cobaan atau menerima pada perkara yang tidak disenangi atau tidak mengenakan dengan ridha dan menyerahkan diri kepada Allah Swt.
  4. Bekal atau Biaya, dalam menuntut Ilmu membutuhkan Biaya, “Sesungguhnya Allah pasti mencukupkan rezekinya bagi orang yang menuntut ilmu”
  5. Guru yang Sholeh, Jangan menuntut ilmu kepada guru yang tidak baik budi pekertinya.
  6. Lama Waktunya, Mencari Ilmu harus membutuhkan waktu yang lama tidak sekilas waktu.
Dalam tema ini adalah tata cara menuntut ilmu khususnya Ilmu yang membahas Tentang Agama, namun jika diterapkan dalam mencari ilmu pengetahuan Umun juga sangat baik.

Jika Sahabat ingin mempelajarinya lebih mendalam saya do'akan semoga mendapatkan Ilmu yang baik berkah dunia sampai di Akhirat, temukan kajian kitab ini di pesantren, atau jika berhalangan banyak sahabat kita yang telah mempublikasikan di Website berupa ebook yang bisa kita pelajari.

Ada Juga aplikasi tersebut di Playstore Google, silakan cari dan pelajari serta amalkan.

Trimakasih..

Salam..

POS TERBARU

loading...