5 SIKAP MEMBACA

Share on :
Belajar dengan buku memerlukan tehnik yang baik dan benar, jika tehnik yang dilakukan salah maka waktu yang kita gunakan tidak akan membuat isi buku yang dipelajari bisa dipahami dengan baik, ada tehnik atau sikap membaca yang baik;

Dalam proses mencari ilmu, kita perlu memahami tatacara ilmu bisa kita dapatkan, dalam bahasan ini kita akan mempelajari butir ilmu yang saya kutip dari kitab Ta'lim Muta'lim.
  1. Sabar, Kesabaran diperlukan saat membaca, karena bila tergesa-gesa dalam memaknai suatu gagasan, bisa jadi kesimpulunannya salah.
  2. Telaten, Ke-telaten-nan memungut makna-makna yang tersebar di sepanjang halaman buku kemudian mengumpulkan dan menghimpunnya amat diperlukan, karena kalau tidak telaten, akan banyak gagasan yang menguap dan tersembunyi kembali.
  3. Tekun, Ketekunan diperlukan untuk membantu kita menyisir himpunan kata, kalimat, alinea, bab dan bagian demi bagian yang menyimpan gagasan pokok dan penting untuk diperhatikan.
  4. Gigih, Kegigihan akan mendorong Anda agar tidak sekali baca, sudah itu mati, Artinya, Anda bisa jadi perlu mengulang pembacaan hingga lebih dari sekali.
  5. Sungguh-sungguh. Kesungguhan dalam menemukan makna, memahami maksud penulis dan mengajak pikiran Anda memelototi hal-hal menarik dan penting yang disampaikan seorang penulis, akan menghadirkan manfaat yang tidak terduga (Pikiran Anda akan menemukan sesuatu yang baru dan segar)
Demikian sedikit pengetahuan yang telah saya peroleh rangkuman dari buku tehnik membaca

Jangan pernah berhenti belajar, karena  belajar membuat kita lebih bijak dalam menghadapi berbagai hal.
Semoga bermanfaat


POS TERBARU

loading...