Cara Ini Bisa Mengalihkan Anak-anak dari Ketergantungan Bermain Gadget

Share on :
Saat ini, gadget sudah seperti barang yang tidak terpisahkan oleh semua orang, dari dari anak kecil yang masih 2 Tahun hingga orang yang sudah dewasa.

Memiliki gadget memang mempunyai sisi baik dan juga negatif. Mungkin gadget tersebut bisa dijadikan sebagai alat bantu komunikasi, dan hiburan saat orang tua tidak bisa mendampingi karena ada kesibukan yang sedang dikerjakan

Akan tetapi, karena kurangnya arahan dan pantauan dari orangtua, tak jarang sisi negatif yang ditimbulkan dari gadget itu memberikan dampak yang buruk bagi anak. Sikapnya yang lebih senang untuk hidup sendiri bersama gadget-nya dan mengesampingkan hal lainya.

Berikut Tips-nya

1. Ajak Anak untuk Berlibur di tempat yang mereka belum pernah kunjungi





Mengajak anak untuk keluar dari rumah adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Interaksi dengan tempat yang baru serta suasana baru bisa membuat anak lebih membuka pikirannya, kemudian jika kegiatan itu ada di sekitar rumah coba Gabungkan mereka dengan beberapa teman di lingkungan sekitar rumah dan biarkan mereka bermain bersama. Melakukan permainan di tempat terbuka akan membuatnya lebih banyak bergerak.
Bergabung bersama teman-teman pun bisa mengalihkan keinginannya untuk bermain gadget dan berdiam diri di dalam rumah.

2. Membuat Prakarya


i1os.com

Membuat prakarya ini bisa kita lakukan yang kita ketahui dulu, mungkin membuat pesawat dari kertas, membuat layang-layang, membuat kerajinan.

Kalau mereka tidak tertarik atau juga bosan silahkan cari referensi  lain, mungkin dari internet atau teman-teman Tawarkan kepada mereka ingin membuat benda yang seperti apa, harus mencerna keinginannya dan memfasilitasinya dengan baik. Hal ini pun dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kognitif anak
atau bisa lihat Video dibawah ini

Kerajinan Membuat piring dengan barang bekas yang bisa kita temukan disekitar rumah


Kerajinan Membuat mobil-mobilan dari botol kertas




3.Memainkan Permainan Fisik






Daripada hanya melihat anak-anak bermain gadget saja, lebih baik ajak mereka untuk meningkatkan kemampuan fisik-motoriknya. Mengajaknya bermain lompat tali, engklek atau sunda manda, petak umpet dan mainan lainnya.

Kita harus rajin-rajin mengajak mereka untuk senang memainkan permainan yang lebih mengeluarkan tenaga daripada hanya terpaku dengan gadget-nya.

4.Mengembangkan Hobi Anak

  Berenang, mewarnai, menyanyi dan lainya


Sebagai orangtuanya pasti tau apa hobi dari anak. Mungkin saja ia senang berenang, mewarnai, bermain musik atau menari. Nah, buat saja anakmu melakukan segala hal yang ia senangi untuk mengalihkan perhatiannya pada gadget.

Jika ia senang untuk menggambar dan mewarnai, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah buku gambar, alat tulis dan pewarna saja. Pokoknya, fasilitasi saja hobi yang ingin anakmu lakukan untuk mengembangkannya agar lebih baik.

5.Mendekatkan Diri ke Alam


Tak ada salahnya untuk mengajak anak berlibur menikmati hamparan alam yang luas ketika libur akhir pekan. Dengan mengajak anakmu pergi ke luar rumah, mereka bisa menemukan pengalaman yang baru di dunia luar.

Sehingga, ia bisa mengeksplor segala hal yang selama ini tidak diketahuinya. Jadi, ia tak akan terpaku lagi dengan gadget-nya setelah melihat indahnya alam yang terbentang luas dan begitu memesona.

trimakasih dari kawan-kawan yang telah sharing pengetahuannya dari  www.satujam.com, dan Youtube

POS TERBARU

loading...